Hukum Perdata

5 Cara Memperoleh Eigendom Menurut Pasal 584 B.W

5 Cara Memperoleh Eigendom Menurut Pasal 584 B.W

Menurut pasal 584 B.W., ada 5 cara memperoleh eigendom, yaitu dengan jalan:

  1. Pengambilan, contoh: membuka tanah, memancing ikan.
  2. “Narekking”, yaitu jika suatu benda bertambah besar atau berlipat karena perbuatan alam, contoh: tanah bertambah besar sebagai akibat gempa bumi, kuda beranak, pohon berbuah.
  3. Lewat waktu, verjaring.
  4. Pewarisan.
  5. Penyerahan (oevrdtacht atau levering) berdasarkan suatu titel pemindahan hak yang berasal dari seorang yang berhak memindahkan eigendom.

Pada zaman sekarang ini, yang terpenting adalah cara yang terakhir disebutkan, yaitu penyerahan. Perkataan-penyerahan mempunyai dua arti. Pertama, perbuatan yang berupa penyerahankekuasaan belaka (feitelijke levering).

Dua pengertian tersebut nampak dalam pemindahan hak milik atas benda yang tak bergerak, karena pemindahan ini tidak hanya cukup dilaksanakan dengan pengoperan kekuasaan belaka, melainkan harus pula dibuat suatu surat penyerahan yang harus dikutip dalam daftar eigendom. Sebaliknya, terhadap benda yang bergerak kedua perbuatan tersebut telah menjadi satu, karena menurut undang-undang, terhadap benda bergerak ini levering lazimnya penyerahan dari tangan ke tangan.

Bagaimana pentingnya akibat pengertian tentang “penyerahan” itu nampak jika kita membandingkan sistem B.W dengan sistem Code Civil mengenai masalah ini. Menurut Code Civil, dalam hal jual beli, hak milik berpindah pada saat perjanjian jual beli itu ditutup, sedangkan menurut sistem B.W suatu perjanjian jual beli belum lah berpindah hak milik, tanpa perbuatan “levering” yaitu untuk benda yang bergerak penyerahan dari tangan ke tangan dan untuk benda yang tak bergerak pengutipan akte van transport dalam register eigendom, yang dinamakan “balik nama”.

Baca juga: Pengertian Perjanjian Sewa-Menyewa

3 Macam Levering

Dengan demikian, menurut macamnya benda, menurut B.W ada tiga macam leverig yaitu:

  1. Levering benda bergerak,
  2. Levering benda tak bergerak,
  3. Levering piutang atas nama.

Suatu cara lain untuk memperoleh hak milik atas suatu benda ialah lewatnya waktu (verjaring). Lewatnya waktu sebagai cara untuk memperoleh hak milik ini dinamakan “acquisitive verjaring” yang harus dibedakan dari “extentieve verjaring” dengan mana seorang dapat dibebaskan dari suatu penagihan atau tuntutan hukum.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close