Hukum Hak Cipta

Definisi Hak Kekayaan Intelektual

Definisi Hak Kekayaan Intelektual

Definisi Hak Kekayaan Intelektual – Meskipun terdapat teori universalitas tentang hak kekayaan intelektual hingga kini belum ada definisi yang tunggal yang disepakati di seluruh dunia tentang apakah yang dimaksud dengan hak kekayaan intelektual. Hal ini disebabkan pengertian dari hak kekayaan intelektual sulit untuk didefinisikan dalam satu kalimat sederhana yang dengan tepat dapat menggambarkan tentang pengertian dari hak kekayaan intelektual secara menyeluruh.

Masing-masing negara memiliki definisi yang berbeda. Definisi tersebut di berbagai negara sangat dipengaruhi oleh politik hukum dan standar perlindungan hukum yang diterapkan di masing-masing negara.

Di samping itu ada beberapa faktor yang juga berperan dalam menciptakan adanya perbedaan, baik dalam mendefinisikan hak kekayaan intelektual maupun dalam menentukan standar perlindungan atas hak kekayaan di berbagai negara. Faktor-faktor tersebut selanjutnya akan diuraikan satu demi satu berikut ini.

a. Faktor sistem hukum

Terminologi hukum “kekayaan intelektual” sebagai bagian dari suatu sistem hukum erat barkaitan dengan politik hukum, kepentingan ekonomi, kepentingan sosial, dan bahkan dengan sejarah hukum serta pandangan hidup dan budaya hukum dari suatu negara.

Oleh karena itu, bagaimana suatu negara mendefinisikan hak kekayaan intelekual dan bagaimana standar perlindungan atas hak kekayaan intelektual diberikan di suatu negara tidak terlepas dari sistem hukum, politik hukum, dan kepentingan ekonomi suatu negara. Misalnya negara-negara common law seperti Amerika Serikat, INggris, ataupun Australia mendefinisikan hak kekayaan intelektual sebagai hak perorangan yang bersifat individualistik.

Baca juga: Perlindungan Hukum Hak Atas Kekayaan Intelektual

Sedangkan standar perlindungan hukum atas hak kekayaan intelektual dipengaruhi oleh politik hukum suatu negara karena pembentukan hukum merupakan bagian dari politik hukum. Louis Henkin bahkan menganggap pembentukan hukum sebagai kegiatan politik bahwa:

Since law making is a political activity, the building law is determined by political forces in the system.”

b. Faktor sifat dinamis hak kekayaan intelektual

Kesulitan membakukan suatu definisi tunggal dari hak kekayaan intelektual juga terjadi disebabkan sifat dinamis dari hak kekayaan intelektual itu sendiri. Sifat dinamis dari hak kekayaan intelektual tercermin dari adanya berbagai revisi yang telah dilakukan atas konvensi internasional hak kekayaan intelektual yang pernah berlaku guna disesuaikan dengan tuntutan perkembangan yang terjadi di masyarakat.

Oleh karena itu, tidak ada definisi baku yang dengan tepat dapat menggambarkan secara menyeluruh tentang pengertian dari hak kekayaan intelektual. Dengan demikian, definisi hak kekayaan intelektual tidak perlu dibakukan, tetapi cukup dipahami sebagai sekumpulan hak dengan berbagai nama dan karakter yang timbul dari suatu kegiatan yang melibatkan kegiatan intelektual manusia yang diwujudkan sebagai karya baru dan orisinal, yang memiliki daya pembeda dan bernilai ekonomis. Secara sederhana Pearson dan Miller membuat definisi sebagai berikut:

The subject matter of intellectual property is, in general terms, the product of thought creativity and intellectual effort.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close