Hukum PerdataHukum Perikatan

Pengertian Hak Alimentasi dan Contohnya

Pengertian Hak Alimentasi dan Contohnya

Pengertian Hak Alimentasi dan Contohnya – Pengertian hak alimentasi adalah suatu hak yang dapat dilakukan kepada pihak lawan karena undang-undang menetapkan hak tersebut. Contohnya hak yang diajukan oleh orang tua kepada anaknya yang mampu dan hak yang diajukan oleh anak kepada orang tuanya diatur dalam Pasal 298 KUH Perdata yang menyatakan, bahwa:

“Tiap-tiap anak dalam umur berapapun juga, berwajib menaruh kehormatan dan keseganan terhadap bapak dan ibunya. Si bapak dan si ibu, keduanya berwajib memelihara dan mendidik sekalian anak mereka yang belum dewasa. Kehilangan hak untuk memangku kekua-saan orang tua atau untuk menjadi wali tak membebaskan mereka dari kewajiban, memberi tunjangan-tunjangan dalam keseimbangan dengan pendapatan mereka, guna memelihara pembiayaan dan pendidikan itu. Terhadap anak-anak yang telah dewasa berlakulah ketentuan-ketentuan tercantum dalam bagian ketiga bab ini.”

Baca juga: Jenis – Jenis Sertifikat dan Tanah di Indonesia

Dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, hak seperti yang disebutkan di atas diatur dalam Pasal 41 yang antara lain menyebutkan bahwa:

“Akibat putusnya perkawinan, baik ibu atau bapak tetap berkewajiban memelihara dan mendidik anak-anaknya”. Kecuali anak, bekas istri (janda) pun diberikan hak alimentasi oleh undang-undang yang diatur dalam pasal yang sama yang antara lain menyatakan bahwa:

“Pengadilan dapat mewajibkan bekas suami memberikan biaya penghidupan dan/atau menentukan sesuatu kewajiban bagi bekas istri.”

Tentang Hukum Tetangga

Hak dan kewajiban pihak-pihak yang bertetangga diatur oleh undang-undang dan antara lain disebutkan dalam Pasal 625 KUH Perdata yang berbunyi:

“Antara pemilik-pemilik pekarangan yang satu sama lain bertentangan adalah berlaku beberapa hak dan kewajiban, baik yang berpangkal pada letak pekarangan mereka karena alam, maupun yang berdasar atas ketentuan-ketentuan undang-undang.”

Demikianlah Pengertian Hak Alimentasi dan Contohnya, semoga bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close