Hukum PerdataHukum Perikatan

Perikatan Manasuka dan Contohnya

Perikatan Manasuka dan Contohnya

Perikatan Manasuka dan Contohnya – Perikatan manasuka diatur dalam Pasal 1272 KUH Perdata yang berbunyi: “Dalam perikatan-perikatan manasuka si berutang dibebaskan jika ia menyerahkan salah satu dari dua barang yang disebutkan dalam perikatan, tetapi ia tidak dapat memaksa si berpiutang untuk menerima sebagian dari barang yang lain.”

Hak memilih itu ada pada si berutang, jika hak ini tidak secara tegas diberikan kepada pihak si berpiutang (Pasal 1273 KUH Perdata). Misalnya, si Ali mempunyai tagihan uang kepada si Badu yang sudah lama tidak dibayarnya. Kemudian Ali mengadakan perjanjian dengan Badu, bahwa Badu akan dibebaskan oleh Ali atas utangnya jika saja ia mau menyerahkan mobil atau motor kesayangannya.

Menurut Badrulzaman (1995: 60), Perikatan Manasuka dapat berubah menjadi Perikatan Murni (Bersahaja) dengan beberapa cara, yaitu:

  1. Bila salah satu dari barang yang dijanjikan tidak dapat menjadi pokok perikatan (Pasal 1274 KUH Perdata);
  2. Bila salah satu dari barang-barang yang dijanjikan itu hilang atau musnah (Pasal 1275 KUH Perdata);
  3. Bila salah satu dari barang-barang yang dijanjikan karena kesalahan si berutang tidak lagi dapat diserahkan (Pasal 1275 KUH Perdata).

Bila kedua barang itu hilang dan debitur salah tentang hilangnya salah satu barang itu, ia harus membayar harga barang yang hilang paling akhir. Bila hak memiliki diserahkan kepada kreditur dan hanya salah satu barang saja yang hilang, sedangkan kesalahan tidak ada pada pihak debitur maka kreditur harus mendapat barang yang masih ada.

Baca juga: Hak Moral dan Ciptaan Anonymous

Bila hilangnya salah satu barang karena kesalahan debitur maka kreditur dapat menuntut penyerahan barang yang masih ada atau harga barang yang telah hilang. Bila kedua barang telah musnah dan kesalahan ada pada debitur maka kreditur dapat menuntut pembayaran harga salah satu barang tersebut menurut pilihannya (Pasal 1276 KUH Perdata).

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close